Jumat, 05 Juni 2015

Indahnya Patung Unicorn Emas Di Green Vault

Patung Unicorn itu tampak sangat mengagumkan. enggambarkan sosok hewan dalam dunia mitos berupa kuda yang bertanduk satu dengan seseorang yang berdiri di belakangnya. Perpaduan warna kuning emas dan putih perak menjadikannya tampak indah dan elegan.


Patung karya seni yang tinggi itu merupakan salah satu koleksi di Grünes Gewolbe atau Green Vault di kota Dresden, Jerman. Green Vault ini  terkenal karena merupakan jejak harta karun paling indah dan terkaya di Eropa.


Kemegan Green Vault bermula pada Awal abad 18 August II ketika der Starke berusaha keras untuk menjadikan Dresden sebagai pusat kesenian yang terkenal. Ia mengundang para pemahat, tukang emas, serta pelukis untuk tinggal dan berkarya di kotanya. 


der Starke juga memerintahkan untuk membuka  ruangan-ruangan megah dalam Residenzshcloss untuk tempat pemajangan barang-barang berharga. Selain untuk menunjukkan kekayaannya dengan benda-benda berharga yang dimilikinya, juga untuk menunjukkan betapa kayanya peradaban di Dresden.



Sayang, pada tahun 1945 kota Dresden dan Green Vault hancur-lebur  akibat pemboman pasukan sekutu. Harta karun yang sudah diamankan di sebuah bunker kemudian disita oleh Tentara Merah dan dibawa ke Rusia. 


Untunglah pada tahun 1958 barang-barang berharga tersebut dikembalikan ke Dresden dan disimpan dalam dua ruangan untuk menampung isi peti harta karun tersebut.


Saat renovasi Residenzschloss masih berlangsung, tahun 2004 Neues Grünes Gewolbe (New Green Vault) dibuka untuk publik. Sedangkan rekontruksi kamar harta karun yang didirikan Elektor Sachsen, August II der Starke, yaitu Historisches Grünes Gewolbe (Historic Green Vault) mulai beroperasi kembali pada tahun 2006.


Koleksi benda berharga yang dipajang di New Green Vault jumlahnya lebih dari 1.000, meliputi berbagai alat rumah tangga yang terbuat dari emas, perak, gading, mutiara, kelapa, hingga telur burung unta. 

 
Diantara koleksi yang paling mencolok adalah perlengkapan minum teh yang dihiasi motif oriental khas Tiongkok dan perhiasan yang terinspirasi Pengadilan Kerajaan Delhi.
Ada juga koleksi berupa aneka patung, pedang dan liontin yang bertahtakan batu berharga dan sebagainya.



Yang menarik, ada koleksi miniatur diorama yang menggambarkan limpahan kekayaan milik Kaisar Mughal, Aurangzeb Alamgir. Pembuatan diorama itu membutuhkan waktu tujuh tahun dan memiliki harga lebih mahal dari Kastil Moritzburg. Tak heran karena benda setinggi 58 cm tersebut dihiasi batu ruby, zamrud, sebuah batu safir, serta lebih dari 4.000 berlian.


Museum yang terletak di Residenzschloss itu buka setiap Rabu hingga Senin (Selasa libur), pukul 10.00 – 18.00. Tiket masuknya sebesar €12. Untuk memasuki Historic Green Vault disarankan melakukan reservasi karena setiap harinya jumlah pengunjung dibatasi.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar