Kamis, 25 Juni 2015

Indahnya Patung Budha Emas Di Dalam Kuil

Ada banyak patung Budha di dunia dengan berbagai bentuk pose, posisi dan ekspresinya. Salah satunya adalah patung Budha yang berada di dalam kuil  Wat Traimit di kota Bangkok, Thailand.


Patung Budha yang bernama lengkap Phra Phuttha Maha Suwan Patimakon itu terbuat dari emas  dengan dengan tinggi 3 meter dan berat 5,5 ton (5.500 kilogram). Konon merupakan patung Budha yang terbuat dari emas terbesar di dunia.



Kuil yang identik dengan Budha ini dibangun lebih dari 700 tahun yang lalu selama periode Sukhothai. Walau tidak ada catatan sejarah yang tertulis tentangasal-usulnya, tetapi diperkirakan bahwa Golden Buddha dibangun pada periode Sukhothai (1238-1438).

 
Yang menarik,  pada abad ke 18, awalnya patung emas tersebut ditutupi dengan plester semen untuk menyembunyikannya dari tentara Burma ketika datang dan menyerang Thailand.Patung itu kemudian ditemukan kembali secara tidak sengaja sekitar 40 tahun yang lalu. 
 

Gedung baru Wat Traimit yang bernama "Phra Maha Mondop" itu secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 14 Februari 2010 .  Gedung terdiri dari tiga lantai dengan lantai pertama bangunan adalah Yaowarat Chinatown Heritage Centre. 


Di sana wisatawan dapat mempelajari sejarah imigran Cina di Thailand serta budaya mereka yang telah menjadi bagian dari budaya Thailand. 

 

Sedangkan di lantai kedua menampilkan pameran asal usul Golden Buddha. Dan di lantai tingkt atas adalah lokasi patung  Golden Buddha itu diletakkan.Patung Budha itu tampak indah berkilauan dengan warna emasnya.



Selain terdapat ornamen dan perlengkapan sembahyang lainnya, di sekitar patung itu juga ada beberapa rangkaian bunga yang indah dan segar seolah semakin menambah pesona keindahan patung Budha Emas itu.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar