Senin, 20 April 2015

Nuansa Klasik di Gereja La Sagrada Familia

Ada banyak bangunan gereja kuno di dunia. Tetapi untuk gereja yang satu ini benar-benar sangat indah dan menakjubkan. Betapa tidak, gereja itu memiliki beberapa menara lancip yang tinggi menjulang. Uniknya , gereja dan menara itu bernuansa klasik dengan tekstur bangunan seperti terbuat dari pasir.



Ornamennya juga detail dan artistik yang menunjukkan sebagai bangunan seni tingkat tinggi di dunia. Gereja ini berada di Barcelona - Spanyol dan merupakan salah satu karya karya monumental arsitek besar Antonio Gaudi (1852-1926 ).




Ada banyak keindahan di gereja itu baik pada bagian luar atau dalam. Pada bagian luar ada keindahan dalam ornamen-ornamen pahatannya yang  memiliki tiga sisi muka atau fasad yaitu nativity, passion, dan glory. Setiap dindingnya itu bercerita tentang kisah hidup Yesus karena seolah mencerminkan spiritualitas iman Antonio Gaudi sebagai penganut Katolik Roma.




Tepat  di bagian  tengah fasad, pada puncak di atas pintu katedral terdapat sebuah patung salib yang sangat besar. Ornamen fragmen kisah Jalan Salib menghiasi sekitarnya.


Sagrada Familia berarti keluarga kudus, yang mengacu pada Josef, Maria, dan anak mereka Yesus. Dalam iman Katolik, mereka disebut keluarga kudus dari Nazareth. Karena itu, gereja ini dirancang memiliki 15 menara dengan ketinggian berbeda. 



Menara paling tinggi setinggi 170 meter disebut menara Yesus. Lalu, menara Perawan Suci setinggi 125 meter merujuk pada sosok Maria . sedangkan satu menara dipersembahkan kepada ayah Yesus, Josef. Menara lainnya dipersembahkan untuk para nabi.

 
Yang menarik, gereja Sagrada Familia mungkin satu-satunya gedung di dunia yang waktu  pembangunannya paling lama sejak dibangun tahun 1883. Walau pembangunannya sudah berlangusng selama 130 tahun tetapi tak kunjung selesai karena ornamen-ornamennya yang sangat banyak dan rumit.
 


Sebenarnya, Gaudi bukan arsitek pertama yang merancang Sagrada Familia. Awalnya, gereja ini dibangun oleh arsitek Francesc de Paula del Villar. 
 

Sayang, hanya setahun menangani pembangunan gedung gereja, Villar mengundurkan diri. Gaudi lantas ditunjuk untuk meneruskan pembangunannya. Selama 42 tahun, Gaudi menghabiskan waktunya membangun Sagrada Familia.




 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar