Minggu, 31 Mei 2015

Monumen The Motherland Calls Yang Heroik Di Rusia

Ada banyak patung yang tinggi dan megah di dunia. Tetapi patung yang satu ini tampak unik dan berbeda karena menggambarkan sosok wanita. Sebilah pedang terhunus di tangan kanannya, sedang tangan kirinya dengan ekspresi wajahnya seperti mengajak dan menyerukan untuk tetap maju dan berperang dalam membela negara.


Begitulah gambaran dari patung Mother Motherland yang berlokasi di Mamayev Kurgan di Volgograd ( Stalingrad ), Rusia. Patung ini merupakan patung terbesar di dunia yang dibuat dari beton setinggi 85 meter dengan berat sekitar 8.000 ton dan selesai dibangun pada akhir tahun 1960.


Orang-orang yang berada di sekitarnya bagaikan titik-titik karena begitu tinggi dan besarnya monumen The Motherland Calls. 


Monumen ini dirancang oleh pematung terkenal bernama Yevgeny Vuchetich ini. Patung itu memiliki nama lengkap "The Motherland Calls!". Tetapi juga ada yang menamainya Mother Motherland, Mother Motherland Is Calling, The Motherland, atau Monumen Mamayev.



Selain Yevgeny, orang yang berjasa dalam pembangunan monumen nasional Rusia ini adalah seorang insinyur sipil bernama Nikolai Nikitin. 


Yang menarik, di sekitar bangunan ini terdapat kompleks monumen memperingati Pertempuran Stalingrad (Agustus 1942 sampai Februari 1943). 


Pertempuran itu merupakan pertempuran paling hebat dalam sejarah manusia karena menjadi penentu kemenangan Soviet atas pasukan Axis di garda timur Perang Dunia II .


Mengingat begitu heroiknya monumen ini, tak heran jika di sana sering menjadi lokasi acara-acara kenegaraan untuk mengenang peristiwa-peristiwa besar, heroik dan dramatis yang terjadi di Rusia pada masa lampau. 


Ratusan bendera raksasa dan pijaran kembang api aneka bentuk dan warna ikut menyemarakkan kemeriahan acara dan suasana di sana.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar