Sabtu, 25 April 2015

Senyum Misterius Monalisa Di Museum Louvre

Lukisan Monalisa itu sangat legendaris sekali karena dibuat oleh Leonardo da Vinci pada abad ke 16. Tentu ada banyak orang yang tahu dan mendengar tentang lukisan indah itu dengan berbagai kisahnya yang menarik.  


Lukisan itulah yang menjadi salah satu magnet kuat bagi wisatawan yang berkunjung ke Museum Louvre di Perancis. Museum ini berlokasi di tepi Sungai Seine yang membelah Kota Paris.


Museum ini memiliki lebih dari 380.000 koleksi artefak dan benda-benda seni mulai dari zaman prasejarah hingga modern. Sekitar 35.000 koleksi di antaranya dapat dilihat oleh publik di area seluas 60.600 meter persegi. 



Karena sangat luasnya lahan dan banguan dengan banyaknya jumlah koleksinya, Louvre menjadi salah satu museum terbesar di dunia. Koleksi museum ini berupa sejumlah artefak penting dari zaman Mesir Kuno, Yunani Kuno, Babilonia, India, Cina, dan Timur Tengah.


Koleksi museum dibagi menjadi delapan departemen kuratorial: Koleksi purba Mesir, Timur Dekat, Yunani, Etruscan, Romawi, Seni Islam, Patung, Seni Dekoratif, Seni Lukis, Cetakan dan Seni Gambar.


Museum LOuvre ini bertempat di Istana Louvre (Palais du Louvre) yang awalnya merupakan benteng yang dibangun pada abad ke-12 di bawah pemerintahan Philip II. Sisa-sisa benteng itu dapat dilihat di ruang bawah tanah museum. 


Bangunan ini kemudian diperluas beberapa kali hingga membentuk Istana Louvre yang sekarang ini. Pada tahun 1682, Louis XIV memilih Istana Versailles sebagai kediaman pribadi, meninggalkan Louvre untuk selanjutnya dijadikan sebagai tempat untuk menampilkan koleksi-koleksi kerajaan.


Pada tahun 1692, di gedung ini ditempati oleh Académie des Inscriptions et Belles Lettres dan Académie Royale de Peinture et de Sculpture. Académie tetap di Louvre selama 100 tahun berikutnya. Selama Revolusi Perancis, Majelis Nasional Perancis menetapkan bahwa Louvre harus digunakan sebagai museum untuk menampilkan karya-karya bangsa.



Museum ini dibuka pada tanggal 10 Agustus 1793 dengan memamerkan 537 lukisan. Mayoritas karya tersebut diperoleh dari properti gereja dan kerajaan yang disita Pemerintah Perancis. Karena masalah struktural dengan bangunan, museum ditutup pada tahun 1796 hingga 1801. Jumlah koleksi museum meningkat di bawah pemerintahan Napoleon dan museum berganti nama menjadi Musée Napoléon.


Selain lukisan Monalisa,  ada pula ratusan lukisan kuno yang indah dan artistik karya pelukis-pelukis terkenal lainnya. Konon, lukisan Damar Kurung yang unik dan khas karya almarhumah Mbah Masumdari dari Gresik - Jawa Timur juga menjadi koleksi Museum Louvre.


Museum ini juga menyimpan koleksi patung-patung kuno yang indah dan legendaris .Di antaranya   patung Sphinx, patung Dewi Nike, batu Rosetta, dan patung Venus de Milo. Ada juga koleksi berupa aneka perabotan dan ornamen yang kesemuanya ditatata secara apik, mewah dan elegan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar