Jumat, 03 April 2015

Gua Es Yang Menakjubkan Di Skaftafell

Selama ini gua identik dengan stalaktatit dan stalakmit dari batu biasa saja seperti yang biasa kita jumpai dalam gua pada umumnya. Tetapi gua yang satu ini sangat unik dan berbeda. Betapa tidak, hampir semua bagian dalam gua ini terbuat dari es.



Tak semua orang bisa masuk dan menelusuri ke dalam gua ini. Butuh pengalaman, ketrampilan dan peralatan khusus karena medan perjalanan yang harus dilalui berupa es yang permukaannya licin. Belum lagi dengan lokasinya yang sangat terpencil dan dinginnya suasana di sana.



Gua yang indah dan unik ini berada di laguna beku gletser Svínafellsjökull di Skaftafell, Islandia. Gua ini dapat diakses melalui pintu masuk berjarak 22 kaki dari garis pantai. Panorama gua ini tampak menakjubkan dilihat dari bagian dalam gua. 



Warna biru lautnya menjadi ciri khasnya tersendiri. Berjalan dengan menyusuri gua ini seolah berada di dalam laut dengan gelombang airnya yang membeku.
 

Gua es ini adalah struktur sementara yang muncul di tepian gletser. Es yang telah berusia ratusan tahun menuruni lereng Öræfajökull melalui gletser Svínafellsjökull dan telah bermetamorfosis menjadi  es gletser yang bertekanan tinggi dan hampir tidak berisi gelembung udara.


Karena minimnya udara itu menyebabkan menyerap semua cahaya yang masuk ke dalam gua kecuali cahaya berwarna biru. Tetapi es berwarna biru ini hanya dapat dilihat dalam kondisi tertentu yaitu pada  musim dingin setelah lama hujan dan ketika lapisan permukaan gletser telah hanyut. 


Gua es gletser ini terbetuk dari hasil proses glasial, dimana hujan melelehkan air di permukaan gletser tersebut dan kemudian disalurkan ke sungai yang masuk ke gletser melalui celah-celah. Air terjun yang mencair pada lubang gletser sementara genangan air mengalir kebawah dan membentuk gua es. 


Sementara itu, sedimen berbutir halus yang ada di dalam air menyebabkan aliran air lelehan berlumpur  dan pada bagian atas gua menunjukkan warna biru. 


Karena gerakan kecepatan gletser dari sekitar 1 m per hari, es gua ini retak di ujungnya, es pada ujung gua ini retak pada ujungnya.



Walau tampak indah dan menakjubkan, tetapi karena terbuat dari air yang membeku, gua es ini bisa runtuh dan meleleh sewaktu-waktu. 


Sungguh tak bisa terbayangkan bagaimana akibatnya jika suatu ketika ada banyak wisatawan berada di dalam gua dan saat itu terjadi musibah alam yang meruntuhkan gua ini. 

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar