Jumat, 10 April 2015

Bukit Yang Berhias Ratusan Ribu Salib


Ada panorama yang unik dan berbeda di bukit itu. Jika biasanya daerah bukit ditumbuhi oleh pepohonan, semak dan rumput hijau yang asri, tidak demikian halnya dengan bukit yang dikenal dengan nama Hill Of Crosses atau Bukit Salib ini.



Sesuai dengan namanya, di bukit itu terdapat banyak salib yang terbuat dari berbagai bahan, bentuk dan ukuran. Jumlahnya konon sudah mencapai ratusan ribu salib karena setiap hari jumlahnya selalu bertambah seiring dengan banyaknya wisatawan yang datang ke sana dengan membawa dan memasang salib yang baru.



Bukit Salib ini berlokasi yang berjarak 12 Km dari  kota Siauliai di negara Lithuania bagian utara. Walau belum ada alasan yang jelas, konon  ratusan ribu salib yang ada di sana berfungsi sebagai tanda peringatan kemerdekaan negara Lithuania.

 

Selain salib dengan dengan berbagai bentuk ornamennya, di bukit itu juga banyak terdapat rosario dan foto Yesus dan Bunda Maria. Di bagian tengahnya ada juga patung Bunda Maria.
 

Ada banyak kisah memilukan yang terjadi di sana pada masa lampau. Di antaranya adalah kisah terjadinya musibah kebakaran gereja di sekitar pada abad ke-13.


Kisah lainnya tentang adanya dua tentara yang tewas di bukit tersebut saat pertempuran dan pemberontakan anti Soviet di Lithuania.


Sejak  tahun 1831 sampai 1863, pemberontakan melawan Soviet terjadi di Lithuania. Dalam  Perang Dunia II, Soviet telah menduduki Lithuania selama 50 tahun. Selama itu pula Soviet  sudah tiga kali berusaha meratakan bukit dan dan membuat parit di sekelilingnya. 


Soviet beranggapan bahwa penancapan salib di bukit itu adalah bentuk pelanggaran hukum yang berat. 

 
Tetapi walau begitu, masih ada banyak orang yang datang ke bukit itu dan menancapkan salib dan sebagainya di sana hingga Lithuania merdeka dari Soviet pada tahun 1991.



Yang menarik, banyak tokoh besar dunia yang datang ke bukit Salib . Di antaranya adalah kedatangan Paus Paulus II pada tahun 1993 dengan membawa dan menancapkan patung Kristus yang disalibkan.

 
Sejak saat itulah nama dan keberadaan Bukit Salib  ini dikenal oleh wisatawan dari berbagai negara.
 

Selain menyimak keunikan dan keindahannya, mereka ada yang datang untuk membuat foto-foto perkawinannya dengan berlatar belakang ratusan ribu salib.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar