Senin, 29 Juni 2015

Mitos Siluman Ular Putih Penghuni Danau


Ada banyak kisah yang legendaris dari negeri Tiongkok. Salah satunya adalah legenda siluman ular putih . Legenda itu menceritakan tentang  seekor siluman ular putih yang muncul di dunia untuk menjadi manusia. 


Konon, ular itu akhirnya berubah menjadi seorang wanita cantik. Ia pun menikah dengan seorang pria bernama Xu Xian dan dikaruniai seorang anak. Sayang, kehidupan beda dunia itu tidak disetujui seorang biksu bernama Fahai. Sang biksu pun menyekap siluman ular putih di bawah Pagoda Leifeng, yang terletak di Xi Hu alias West Lake.



Beberapa tahun kemudian, anak ular putih yang sudah dewasa bersaksi di depan pagoda untuk mengorbankan dirinya demi membebaskan ibunya. 


Para dewa mendengar dan menghancurkan pagoda. Akhirnya keluarga kecil itu pun kembali bersatu.



Yang menarik , legenda itu masih berkembang hingga saat ini. Terlihat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke danau West Lake yang berada di Hangzhou, Cina. Mereka ada yang meyakini bahwa di danau itu masih ada siluman ular putih itu.


 

West Lake yang berpanorama indah dan seluas 5,6 km2 ini terbagi jadi beberapa kawasan. Yang terbesar adalah Outer Lake, yang dikelilingi oleh North Inner Lake, Yuehu Lake, West Inner Lake, dan Lesser South. 


Danau-danau ini diapit oleh perbukitan hijau dengan rumah peristirahatan para Kaisar dan pagoda-pagoda indah.
  


Wisatawan bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang melewati beberapa pulau buatan dengan nama-namanya yang indah. Di antaranya adalah Three Pools Mirroring the Moon, Solitary Hill, Two Peaks Embracing the Sky dan Temple of Soul's Retreat. 


Selain itu juga terdapat Broken Bridge, jembatan yang diyakini merupakan tempat bertemunya siluman ular putih dan Xu Xian.

 

Terlepas dari legenda siluman ular putih itu, West Lake ini memang menarik untuk dikunjungi. Terlebih berada di sana kala fajar atau senja, panoramanya bagai lukisan alam yang tak bertepi.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar