Rabu, 24 Juni 2015

Museum Semangka Yang Unik Di Tiongkok

Ada banyak museum di dunia. Tetapi museum yang satu ini sangat unik, khas dan berbeda karena koleksinya hanya berkaitan dengan buah semangka. Aneka informasi tentang sejarah, budaya,  foto dan kisah buah semangka bisa dijumpai di sana. Begitu pula tentang patung-patung yang bernuansa semangka.


Museum bernama Watermelon Museum Of China ini berlokasi di daerah Panggezhuang - Tiongkok.Museum didirikan pada tahun 2002 dengan bangunan museum dibuat mencolok menyerupai buah semangka.


Museum ini dibangun sebagai penghargaan karena rasa enak dan segar dari buah semangka yang menjadi makanan kesukaan warga Tiongkok saat musim panas. 


Lagipula, daerah bagian selatan kota Beijing, di mana museum ini berada merupakan salah satu daerah penghasil buah semangka terbesar di dunia.



Yang menarik, di halaman luar museum  menampilkan koleksi berbagai variasi semangka yang sengaja ditanam dan dirawat. Museum ini telah menerima lebih dari 300 varian semangka dari 20 provinsi. 100 varian yang terbaik itu dipilih dan ditampilkan sebagai pajangan di dalam museum.



Saat terbaik untuk berkunjung ke China Watermelon Museum ini adalah saat musim panas. Pengunjung selain dapat belajar banyak soal penanaman semangka, juga bisa mencicipi rasa dari berbagai varian semangka di seluruh dunia.


Sayang, informasi yang ada dalam museum ini tertulis dalam bahasa Mandarin saja. Bagi yang tidak mengerti bahasa Mandarin tentu akan tidak paham apa maksud informasi-informasi tersebut.


Jika sedang berwisata ke Beijing, China Watermelon Museum terletak di Distrik Daxing yang dapat dicapai dengan menaiki bus nomor 937.


Museum Semangka ini buka setiap hari kerja dari pukul 08.30-17.30 waktu setempat. Harga tiket masuk 20 Yuan atau Rp 42 ribu.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar