Rabu, 17 Juni 2015

Inilah Air Terjun Tertinggi Di Dunia


Air terjun itu tampak menakjubkan. Selain berada di tebing batu, ketinggiannya juga mencapai 979 meter yang menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di dunia. Sesekali awan putih berterbangan di sana laksana air terjun di negeri berawan.


Puncak paling tinggi air terjun ini berada di tepi gunung Auyantepui, gunung yang unik dengan permukaan datar dan bagian tepinya yang terjal .


Warga setempat memberi nama Kerepakupai Vena yang berarti air terjun dari tempat terdalam. Yang menarik, karena begitu tingginya air terjun itu, saat musim panas tiba dan volume airnya menurun, membuat airnya sudah habis serta membias sebelum mencapai dasar. 
 

Air Terjun itu bernama Angel Falls yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Canaima, Guayana, Venezuela. Walaupun lokasinya yang sangat terpencil dan cukup susah untuk menuju ke sana, ternyata ada beberapa operator tur wisata yang melayani perjalanan wisata ke sana. Bahkan ada yang melengkapinya dengan helikopter atau aerocopter.



Angel Falls ini telah terdaftar sebagai situs Warisan Dunia UNESCO dan telah dilindungi dalam Taman Nasional Canaima sejak penunjukan oleh pemerintah Venezuela pada tahun 1962. Awalnya luasnya mencakup area satu juta hektar dan meningkat menjadi 3 juta hektar pada tahun 1975 yang merupakan salah satu taman nasional terbesar di dunia.


Karena berada dalam kawasan hutan yang sangat luas ,  di sana terdapat hewan yang mungkin di negara kita sangat langka, yaitu giant anteater atau trenggiling raksasa, armadillo, kungkang berjari 3, landak, tapir, puma, jaguar, berang-berang, katak beracun, kapibara, monyet, dan banyak lagi.

  
Karena berada dalam hutan, tentu untuk menuju ke sana sebaiknya ditemani oleh pemandu wisata yang sudah tahu dan mengenal lokasi . Karena sangat berresiko jika menuju ke sana tanpa pemandu wisata karena lama perjalanannya yang lebih dari lima jam.


 
Wisata ke Angel Falls biasanya rama antara Juni dan Desember karena melakukan perjalanan wisata dengan menyusuri sungai. Ada juga wisatawan yang melakukan uji nyali olah raga base jumping di sana.



Tentang nama Angel Falls itu sendiri tidak berkaitan dengan bidadari. Tetapi merupakan penghormatan pada Jimmie Angel, seorang penerbang Amerika yang terbang dan mendaratkan pesawatnya  di atas wilayah itu pada tahun 1933 untuk pencarian emas dan melihat air terjun itu.Saat  penerbang itu meninggal dunia ,abu jenazahnya disebar di Angel Falls. 

 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar