Sabtu, 27 Juni 2015

Serunya Menjadi Raksasa Di Madurodam

Ada banyak destinasi wisata yang menarik di negeri Belanda. Di antaranya adalah Madurodam di Den Haag yang merupakan  taman dengan berbagai aneka miniatur bangunan terkenal



Berada di tengah bangunan miniaturnya , seolah menjadikan kita laksana raksasa di negeri liliput. Apalagi miniatur itu juga dilengkapi dengan ornamen dan perlengkapan lainnya yang tampak begitu detail dan nyata. 


Madurodam adalah wisata luar ruangan dengan waktu perjalanan sekitar 2-3 jam untuk menikmati koleksi-koleksi miniaturnya. Tiket masuknya seharga 13 Euro per orang untuk dewasa, atau 40 Euro untuk tiket keluarga sebanyak empat orang.



Tak ada pemandu wisata di sana karena informasi dan penjelasan dalam bentuk virtual yang ditampilkan melalui monitor di setiap miniaturnya.Wisatawan hanya  perlu memasukkan koin 50 sen Euro. Setelah itu, tayangan video tentang informasi dan sejarah bangunan tersebut diputar dengan dua bahasa, Belanda dan Inggris,


Wisata ini menempati  lahan seluas 18.000 meter persegi dengan  terdapat sedikitnya 200 miniatur bangunan baik yang klasik atau modern yang ada di semua kota di Belanda.Semua bangunan miniatur itu merepresentasikan sebagian wilayah penting di Belanda. 


Yang menarik, ukuran bangunannya dari bahan sintetis kecuali tanaman dan pepohonannya itu sengaja dibuat berskala 25 kali lebih kecil dibanding bangunan aslinya. Misalnya  miniatur Menara Bandar Udara Schipol di  Amsterdam yang tinggi minaturnya  hanya empat meter.


Oya, pada beberapa bangunan miniatur, pengunjung dapat melihat orang-orangan atau kendaraan itu bergerak dan mengeluarkan bunyi atau lagu yang biasa terdengar di tempat aslinya. Tetapi itu dengan memasukkan koin logam 10 sen euro, lho.


Dalam sejarahnya, kawasan wisata Madurodam ini awalnya dibangun sebagai lokasi peringatan Perang Dunia II sekaligus untuk menghormati salah seorang pejuang Belanda yang bernama George Maduro. 
 
Maduro tewas pada 9 Februari 1945 sebagai tawanan perang di kamp konsentrasi Dachau, di Munchen, Jerman bagian selatan.
 
Seiring dengan banyaknya wisataawan yang datang , Madurodam akhirnya dibuka untuk umum secara resmi pada tahun 1952. Cukup mudah untuk mencapai kompleks wisata ini dengan kendaraan umum di Den Haag. 

 
Tepat di seberang Madurodam terdapat halte pemberhentian tram nomor 9 dan bus nomor 22.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar