Rabu, 01 Juli 2015

Masjid Biru Yang Indah Dan Berarsitektur Klasik


Masjid Biru, begitulah nama untuk masjid yang sangat indah ini. Nama itu diberikan karena masjid ini berhiaskan ornamen dan keramik-keramik yang berwarna biru pada dinding, atap dan kubahnya dan bermotif daun, tulip, mawar, anggur, bunga delima atau motif-motif geometris.



Keramik biru itu  berasal  dari  daerah Iznik , kawasan Turki yang terkenal menghasilkan keramik yang indah dan berkualitas .




Itu belum lagi  dengan begitu besar , luas dan megah bangunannya dengan sentuhan citra rasa seni yang tinggi.Masjid Biru memiliki  260 jendela , 6 menara, diameter kubah 23,5 meter dengan tinggi kubah 43 meter,  dan kolom beton berdiameter 5 meter. 

 

Masjid  ini berada di Istanbul Turki dan  dibangun oleh Sultan Ahmed I yang berasal dari Dinasti Ottoman.Dinasti ini  menguasai Turki pada abad ke-14. Sedangkan Sultan Ahmed I berkuasa di Turki sejak  tahun 1603 – 1617.  

 
Konstruksi masjid mulai dibangun pada tahun 1609  oleh Mehmed Aga, arsitek terkenal pada jaman itu dan selesai dibangun pada tahun 1616.



Yang menarik, Sultan Ahmaed I membangun masjid ini  untuk menandingi bangunan Hagia Sophia buatan kaisar Byzantine yaitu Constantinople. Hagia Sophia berada satu blok dari Masjid Biru dan dulunya adalah Gereja Byzantine sebelum jatuh ke daulah Turki Ottoman pada tahun 1453 M .





Ada legenda yang berkembang di masyarakat , pada awalnya Sultan Ahmed I meminta kepada Mehmed Aga untuk membuat menara yang terbuat dari emas. Kata emas dalam bahasa Turki adalah “ altin ”. 


Ternyata sang arsitek salah mendengar. Ia mengira Sultan Ahmed I ingin memiliki masjid dengan 6 menara.  Hal ini karena kata enam dalam bahasa Turki bunyinya “ alti ” dan memang terdengar amat mirip dengan “ altin "  . Dan akhirnya dibangunlah masjid dengan 6 menara, bukannya 4 menara yang terbuat dari emas. 



Menyadari kekeliruannya, awalnya Mehmed Aga mengira kepalanya akan dipenggal oleh Sultan Ahmed I.  tetapi ketika pembangunan masjid ini  selesai, konon Sultan Ahmed I justru kagum  dengan desain 6 menara yang indah itu. 


Oya, tak jauh dari Masjid Biru ini terdapat museum Aya Sofya yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Ada juga istana Topkapi yang menyimpan beberapa peninggalan Rasulullah saw.


Masjid Biru ini menjadi jejak keindahan peradaban masa lampau yang masih tetap bertahan dan berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar