Selasa, 23 Juni 2015

Museum Bebek Panggang Yang Unik Di China

Bebek panggang tak hanya menjadi kuliner yang nikmat dan lezat, karena ternyata bebek panggang juga bisa menjadi ide sebuah bangunan museum.



Adalah Museum Bebek Panggang yang sudah dibuka sejak tahun 2014 berada di Beijing - Cina. Museum ini dibangun oleh jaringan restoran terkenal Quanjude . 
 


Karena itu, sebagian besar pengunjung museum  adalah tamu restoran yang juga sekaligus ingin mencicipi bebek panggang buatan restoran ini.


Acara pembukaan sendiri bertepatan dengan peringatan hari jadi ke 150 tahun restoran tersebut. Quanjude sendiri berdiri sejak pada tahun 1864 dan kini sudah mempunyai jaringan lebih dari 100 restoran di seluruh dunia termasuk restoran cabang Rangoon dan Melbourne.



Di bagian depan museum seluas 1000 meter persegi itu tampak patung bebek Peking yang berwarna emas. Bebek Peking dipilih karena bebek jenis ini memiliki daging yang nikmat  dan lezat setelah diolah dalam bentuk makanan.



Setelah itu, terdapat diorama yang terbuat dari patung dan menampilkan cara pembuatan bebek panggang secara tradisional. Ada pula patung koki yang sedang memasak bebek panggang dengan menggunakan tongkat panjang di depan dan berdiri di samping tungku.

Selain itu juga ada pajangan foto-foto orang terkenal yang pernah makan bebek panggang di restoran itu. Di antaranya adalah aktor terkenal Charlie Chaplin.


Ada pula  kupon pembelian bebek di tahun 1901 dan juga lembaran kertas promosi restoran pada zaman dahulu. 

 
Di dalamnya juga terdapat sebuah foto dimana tokoh pemimpin terkenal China, Mao Zedong dan perdana menteri China saat itu Zhou Enlai sedang menikmati sajian bebek Quanjude bersama dengan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon saat kunjungannya ke China pada tahun 1972.


Berada di museum ini, Anda akan mengetahui sejarah kuliner Bebek Panggang yang ternyata tak hanya nikmat kala disantap di meja makan saja.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar