Rabu, 18 Maret 2015

Seribu Candi dan Pagoda Yang Indah Di Bagan - Myanmar

Tak hanya Indonesia saja yang memiliki banyak bangunan candi yang indah. Di negara Myanmar juga ada bangunan candi yang indah dan megah. Tentu candi-candi di sana memiliki bentuk dan arsitektur bangunan yang unik, khas dan beda. 



Selain di bagian atasnya terdapat bangunan mirip stupa,  juga ada ornamen bertingkat yang meruncing.



Bagan adalah salah satu daerah di Myanmar yang terdapat banyak bangunan pagoda dan candi yang tersebar di segala penjuru wilayahnya. Jika dipandang dari ketinggian, bangunan-bangunan tempat ibadah itu tampak tinggi menjulang. 



Panorama keindahannya semakin tampak mempesona kala fajar dan senja saat siluet bangunan candi dan benda-benda sekitarnya berpadu dengan warna tembaga pada langit dan sang surya.

 
Di antara pagoda dan candi itu itu ada yang tampak modern dan megah dengan warna emasnya yang gemerlap.


Tetapi ada pula yang bernuansa klasik dan kuno dengan terbuat dari bahan batu bata yang lengkap dengan jamur, kerak dan lumut menghiasi bangunannya.


Beberapa pagoda itu adalah Shwezigon, Tuyin Taung ,Dhammayazika , Mahazedi , Ngakywenadaung,Soemingyi dan sebagainya. Sedangkan untuk candi di antaranya adalah Ananda,That Byin Nyu, Dhammayan Gyi, Htilo Minlo, Gawdaw Palin dan sebagainya.


Yang menarik, dengan menyewa kereta kuda, wisatawan bisa berkeliling mengunjungi aneka pagoda dan candi itu. 


Pada saat-saat tertentu, di sana juga ada atraksi balon udara yang membawa wisatawan terbang menikmati indahnya panorama alam Bagan dari angkasa.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar