Sabtu, 28 Maret 2015

Kuil Harimau Yang Eksotis Di Thailand

Kuil atau biara identik dengan sosok biksu dengan sosok dan kostumnya yang khas. Tetapi ada yang berbeda dengan sebuah kuil yang ada di Thailand. Di sana, pengunjung tak hanya bisa menjumpai kegiatan para biksu dengan berbagai kegiatan keagamaannya saja. 



Tetapi juga bisa menyimak, melihat dan memegang ratusan ekor harimau yang berkeliaran di sana. Adanya harimau-harimau yang dikeramatkan itulah yang menjadikan kuil itu juga dikenal dengan nama Kuil Harimau.



Kuil yang bernama asli Wat Pha Luang Ta Bua ini berada di daerah Saiyok , Provinsi Kanchanaburi yang berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan dari ibu kota Bangkok - Thailand. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dengan perbatasan negara Thailand  dan Myanmar .



Kuil ini didirikan tahun 1994 dan ditetapkan sebagai tempat untuk perlindungan hewan dunia. Pada tahun 1995, Kuil Harimau ini menerima  the Golden Jubilee Buddha Image yang terbuat dari bahan 80 kg emas. 

Harimau pertama diterima oleh kuil itu pada tahun 1999 yang kemudian meninggal walau sudah diberikan perawatan. Dalam perjalanan waktu, kuil ini juga menerima anak-anak harimau yang induknya mati karena aksi pemburu-pemburu liar.


Beberapa jenis harimau yang ada di sana adalah harimau Bengal, harimau Malayan dan Harimau Indo China.



Wisatawan bisa masuk ke kuil Harimau ini dengan dikenai tiket masuk. Dengan julah tak lebih dari 20 orang setiap rombongan, mereka bisa melihat aktifitas harimau dan biksu-biksu itu pada saat melatih harimau pada pagi atau sore hari hari. 


 

Yang menarik, wisatawan bisa memberi minum anak-anak harimau , menggendong atau bahkan memandikannya. Tentu dalam pengawasan biksu pawangnya.



Pada awalnya, harimau-harimau itu bebas berkeliaran di sekitar kuil. Tetapi seiring dengan bertambahnya pengunjung, untuk harimau-harimau yang dewasa kemudian diberi rantai pengikat yang dipegang dan diawasi oleh biksu pawangnya untuk menjaga keselamatan pengunjung.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar