Selasa, 17 Maret 2015

Indahnya Pagoda Warna Putih di Wat Rong Khun

Bangunan pagoda sebagai tempat ibadah biasanya identik dengan warna-warna yang meriah dan gemerlap seperti warna emas, merah, kuning dan sebagainya. 


Tetapi berbeda halnya dengan pagoda Wat Rong Khun yang justru hanya menggunakan warna putih pada seluruh bagian bangunan dan ornamennya.



Memang warna putih menjadikan pagoda itu tampak terlihat pucat dan seperti bangunan yang tertimpa hujan salju. Tetapi ada sejuta keindahan di sana. Begitu pula dengan nilai-nilai filosofi  yang terkandung dalam unsur-unsur bangunannya.


Wat Rong Khun yang bergaya Budhisme dan dikenal dengan nama Pagoda Putih ini merupakan milik pribadi dan berada di Provinsi Chiang Rai - Thailand. Bangunan ini didesain, dibangun dan dimiliki oleh Chalermchai Kositpipat, seniman lokal. Pagoda ini dibuka untuk umum sejak tahun 1997 tanpa dikenai tiket masuk.



Sangat menarik mengunjungi dan menyimak keindahan Wat Rong Khun yang terdiri dari sembilan bangunan ini. Ornamen-ornamen  bangunannya tampak detail sekali dan menghiasi seluruh bagian bangunannya. 


Ornamen-ornamen itu ada yang berbentuk patung, satwa gajah dan sebagainya.Di bagian tengah pagoda ada patung Budha yang dihormati oleh warga Thailand.Kolam air juga ada di sekitarnya yang memberikan panorama refleksi yang indah Pagoda Wat Rong Khun.


Dalam sejarahnya akhir abad 20, pagoda ini dalam keadaan rusak parah dan tak ada dana untuk memperbaikinya.Chalermchai Kositpipat kemudian membangun dan memperbaikinya kembali dengan uangnya sendiri dan telah menghabiskan dana pembangunan THB 40 Million dan pembangunan itu masih belum selesai.



Seniman itu berharap pagoda ini bisa menjadi tempat belajar dan meditasi sehingga orang-orang bisa mendapatkan manfaat dari ajaran Sang Budha.Pada tgl 5 Mei 2014, Wat Rong Khun terdampak gempa bumi yang terjadi di sana. Untung gempa itu tidak merusak struktur bangunannya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar