Selasa, 28 Juli 2015

Menulusuri Terowongan Jejak Perang Dunia Kedua

Jon Barker, manajer di White Cliffs, mengatakan ditemukan kembali warisan perang dunia kedua di Dover , Inggris itu adalah benar-benar luar biasa.Sebuah labirin terowongan yang terlupakan masa perang dunia kedua dibangun di bawah White Cliffs of Dover atas perintah Winston Churchill ini telah mengungkapkan sekilas kehidupan masa perang.


The Fan Bay Deep Shelter diukir dari kapur hanya 100 hari di tahun 1940-an sebagai bagian yang  terhubung ofensif dan defensif, yang bertujuan menggagalkan gerakan pengiriman Jerman melalui terowongan.



Berada 75 kaki di bawah garis pantai Kent, ada terowongan seluas 3.500 kaki persegi  yang diperkuat dengan balok besi dan lembaran logam. Dapat menampung empat petugas dan sampai 185 orang selama perang.



Tempat penampungan itu yang secara pribadi pernah diperiksa oleh Churchill pada tahun 1941  dan telah dinonaktifkan pada tahun 1950 sebelum diisi dengan puing-puing dan tanah dan ditinggalkan selama tahun 1970-an.


Pejabat di National Trust mengatakan terowongan adalah kapsul waktu yang memberikan wawasan yang menarik ke dalam kehidupan masa perang, dengan grafiti tertutup dinding, dan amnuisi yang dibuang .


Setelah penemuan kembali mereka, 100 ton puing-puing dan tanah telah dipindahkan dengan tangan dari terowongan dalam proyek yang melibatkan lebih dari 50 relawan National Trust, arkeolog, konsultan tambang, insinyur dan ahli geologi. 

Jon Barker mengatakan penampungan itu diukir dari kapur ahli-ahli dari kerajaan dan 172  perusahaan pembuat terowongan dan memiliki rumah sakit, toko yang aman dan lima kamar besar yang menyediakan akomodasi anti bom.


Di balik pintu keamanan yang berat dan 125 langkah turun ke terowongan, mengingatkan secara  pedih sejarah masa perang terowongan.

Terukir dengan kapur di dalam terowongan adalah sejumlah besar grafiti, termasuk nama-nama personil militer, prasasti kasar dan wajah 3D yang rumit dari seorang pemuda, mungkin potret. Beberapa prasasti disertai dengan resimen tentara, terutama dari Royal Engineers.


Penemuan lainnya termasuk potongan kawat yang dipelintir menjadi buatan kait oleh tentara untuk menggantung seragam mereka, dan kupon Persatuan Pools sepakbola tanggal 20 Februari tahun 1943 serta rekaman 14 pertandingan sepak bola. 


Benda-benda lainnya adalah  wol khaki yang terselip di dinding terowongan,  peluru, termasuk kartrid 0,303 Inggris dan  30 kaliber peluru amunisi Amerika, yang ditemukan di seluruh terowongan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar