Rabu, 06 Mei 2015

Ribuan Kucing Maneko Neki Di Kuil Gotokuji

Ada yang menarik di kawasan kuil Gotokuji yang berada di pinggiran kota Tokyo - Jepang. Di sana terdapat ribuan patung kucing Maneko Neki dalam berbagai ukuran. 
 

Patung kucing dalam posisi duduk dan melambaikan tangannya itu dianggap merupakan lambang keberuntungan. 

 

Entah sejak kapan patung-patung Maneko Neki itu mulai ada di sana dan senantiasa bertambah jumlahnya dari hari ke hari.



Ada banyak kisah legenda tentang awal mula maneki neko di Kuil Gotokuji ini. Salah satunya adalah  tentang seorang tuan tanah dari Hikone pada masa Edo. Saat itu tuan tanah berteduh di bawah pohon besar yang berada tak jauh dari Kuil Gotokuji. 


Saat berteduh, ia melihat seekor kucing yang melambaikan cakarnya seperti memanggilnya untuk masuk ke dalam kuil. Tuan tanah itu kemudian mengikuti kucing itu. Sesaat setelah memasuki kuil itu, petir menyambar pohon yang digunakan sang tuan tanah untuk berteduh. 


Tuan tanah itu sangat bersyukur karena tidak tersambar oleh petir itu dan kucing itu telah menyelamatkan nyawanya. Sebagai rasa syukurnya, sang tuan tanah memberikan bantuan kepada Kuil Gotokuji. Dia juga menempatkan patung kecil berbentuk kucing di Kuil Gotokuji ketika kucing yang pernah menolongnya itu mati. 


Sejak saat itulah orang-orang lain yang datang ke kuil ini juga membawa maneki neko untuk mengenang kebaikan kucing itu dan berharap keberuntungan.



Selain patung maneko neki, di kuil ini juga banyak terdapat ornamen berbentuk kucing lainnya seperti tempat monumen dari besi dan gantungan kayu. 


Pada gantungan kayu itu terdapat gambar kucing. Sedangkan di atas pintu masuk kuil juga ada ornamen berbentuk kucing.



Di sekitar kuil ini juga terdapat pohon maple yang daunnya tampak indah karena berwarna merah, kuning, coklat dan hijau. Saat musim kering, daun-daun maple itu berjatuhan dan menjadikan suasana di kuil ini berbeda nuansanya.



Karena keindahan dan keunikannya, kuil Gotokuji ini juga didatangi oleh banyak wisatawan dan juga para pelajar.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar