Minggu, 23 Agustus 2015

Koleksi Helai Jenggot Rasulullah SAW di Masjid Jama


Masjid itu sangat terkenal sekali di India setelah bangunan indah serupa yaitu Taj Mahal. Selain karena keindahan arsitektur dan kekunoan bangunannya, masjid itu  juga terkenal karena menyimpan benda-benda kuno yang berkaitan dengan kejayaan sejarah Islam .


Benda-benda kuno yang bersejarah itu diantaranya adalah beberapa helai jenggot Rasulullah SAW dan cetak tapak kaki beliau serta lembaran Al Qur ' an kuno yang ditulis di kulit rusa.



Masjid Jama yang bernuansa warna merah klasik ini berada di Delhi dan dibangun selama 7 tahun . Yang menarik, peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Sultan Shah Jehan dari Kesultanan Mughal yang pada saat itu sangat kaya dan berjaya.



Pembangunan dimulai pada tgl 19 Oktober 1650 ( 10 Syawal 1060 H ) dengan membutuhkan dana pembangunan sebesar 10 Lakh ( I juta Rupee ).



Bangunan masjid memiliki tiga kubah besar yang sangat tinggi  yang berlapis batu pualam putih. Dua menara setinggi 41 meter ada di kanan dan kiri kubah . Di bagian belakang ada 4 menara dengan bentuk yang sama tapi ukurannya lebih kecil.



Masjid ini terdiri dari lima lantai dan pada salah satu lantainya terdapat balkoni. Menariknya, lantai masjid yang halus tidak bertutup dengan sajadah karena ornamennya sudah berbentuk sajadah yang berukuran 95 cm x 45 cm.

 

Pada hari-hari biasa dan hari besar Islam, masjid ini banyak digunakan sebagai tempat ibadah umat Muslim. Wisatawan juga banyak yang berkunjung ke masjid beserjarah ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar