Jumat, 22 Mei 2015

Mitos Melempar Koin di Air Mancur Trevi

Ada banyak air mancur di dunia. Tetapi air mancur yang satu ini sangat indah dan megah dengan bangunan dan ornamennya yang detail, ekspresif dan artistik. Air mancur  itu bernama Trevi atau dalam bahasa Italia dikenal dengan nama Italia Fontana di Trevi.



Sesuai dengan namanya, air mancur  ini berada di daerah Trevi - Roma , Italia. Dengan memiliki gaya Baroque yang terbesar di Eropa, air terjun ini merupakan salah satu air mancur yang terkenal di dunia.



Trevi ini dibangun pada tahun 1732 oleh Nicola Salvi.Tetapi sebelumnya pernah dikerjakan oleh Bernini atas utusan Paus Urbanus VIII. Salvi menyelesaikan patung "The Restive Sea Horse" atas utusan Paus Clement XII karena paus yang sebelumnya telah wafat.


Air mancur ini sebenarnya merupakan bagian akhir dari Aqua Virgo, sebuah saluran air yang dibangun pada abad 19 SM. Saluran ini membentang sepanjang 20 km dari mata air Salone dan memasok air ke bagian pusat Roma.


Yang menarik, di air mancur ini terdapat patung sosok Neptunus, Dewa Laut sedang mengendarai kereta berbentuk kerang yang ditarik oleh dua kuda laut sebagai tokoh sentral.  Di sekitarnya terdapat patung sosok-sosok lainnya.


Pada setiap kuda dipandu oleh Triton. Salah satu kuda terlihat jinak, sedangkan yang lainnya terlihat liar. Dua kuda ini ternyata  sengaja digambarkan secara berbeda untuk melambangkan laut yang selalu bergejolak.



Hal menarik lainnya adalah adanya mitos membuang koin di air mancur itu. Dipercayai bahwa jika melemparkan satu koin maka , Anda dapat kembali lagi ke Roma. Sementara jika melempar dua koin,  maka Anda bisa menikahi pria atau wanita Roma. Caranya adalah dengan berdiri membelakangi air mancur dan melemparkan koin dari atas bahu.


Terlepas dari mitos itu, yang jelas air mancur ini memang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. 


Karena keindahannya, ada banyak pasangan yang berfoto Pre Wedding di sana atau melakukan sesi pemotretan dengan latar belakang gedung, patung , ornamen dan air mancur Trevi.


  







Tidak ada komentar:

Posting Komentar